Senin, 29 Agustus 2016

Eksotisme Wisata Alam Telaga Biru Cianjur, Jawa Barat

  Senin, 29 Agustus 2016
https://indonesia.tripcanvas.co
Telaga Biru merupakan salah satu objek wisata yang ada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Terletak sekitar 1,5 Km dari gerbang Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dengan waktu tempuh sekitar setengah jam perjalanan. Perjalanan menuju Telaga Biru juga merupakan jalur pendakian ke puncak Gunung Gede dan Gunung Pangrango selain searah menuju air terjun/curug Cibeureum.

Berjarak 85 km dari Bandung, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan tempat yang ideal untuk “kabur” dari keramaian kota. Taman nasional ini terdiri dari dua gunung kembar (Gede dan Pangrango), Telaga Biru yang memesona, rawa, serta air terjun. Warna danau atau telaga tersebut dapat berubah-ubah secara dramatis antara biru, hijau bahkan terkadang coklat kemerahan akibat siklus tanaman yang hidup di dalamnya.


Perjalanan menuju Telaga Biru merupakan jalan selebar 2-3 meter, dengan bebatuan alam tersusun rapi sepanjang jalan. Telaga Biru adalah telaga yang terletak di kaki gunung Gede yang memiliki luas sekitar 500 meter persegi. Air di dalam telaga sering berubah warna secara dramatis, tergantung dari pertumbuhan alga di dalamnya. terkadang berwarna hijau, coklat, atau biru.

Telaga Biru bukanlah sebuah tempat tujuan wisata alam utama di daerah ini, beberapa pengunjung yang kebetulan singgah di tempat ini menyebutkan bahwa mereka hanya singgah sejenak di Telaga Biru untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan menuju air terjun Cibeureum. Hal ini dimungkinkan karena di sekitar Telaga ini terdapat sebuah Gazebo berukuran 12 meter persegi yang disediakan pengelola Taman Nasional agar pengunjung dapat mengistirahatkan diri sebelum melanjutkan kembali perjalanan.

  • Lokasi                       : Jalan Raya Cibodas, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253 
  • Telepon                     : (0263) 512776 
  • Tiket Masuk             : Rp150.000,- per orang 
  • Cara ke Sana            : Bisa dicapai dari Bandung maupun Jakarta menuju kawasan Puncak. Akses masuk bisa dilalui oleh mobil, bis, atau jalan kaki. 
  • Tip Travel                : Untuk rehabilitasi dan recovery ekosistem alami hutan hujan Gunung Gede Pangrango, kegiatan pendakian ditutup antara 1 Januari s.d 31 Maret dan Bulan Agustus. Kegiatan rekreasi lainnya seperti rekreasi ke Air Terjun Cibeureum, dan rekreasi lain dibuka sepanjang tahun.


Sumber :
  1. Setan Timur. 2016. Pesona Telaga Biru di kaki Gunung Gede Pangrango. Diakses tanggal 29 Agustus 2016. Link ; http://setantimur.blogspot.co.id/2012/07/pesona-telaga-biru-di-kaki-gunung-gede.html
  2. Trip Canvas. 2016. 19 gunung dan jalur pendakian di Indonesia dengan pemandangan paling menakjubkan. Diakses tanggal 29 Agustus 2016. Link ; https://indonesia.tripcanvas.co/id/gunung-jalur-pendakian/